KASIAT BELUT DAN CAKAR AYAM

KASIAT BELUT DAN CAKAR AYAM BAGI KESEHATAN TUBUH

Kripik Belut

Kripik Belut

Sebagai masyarakat yang tinggal di negara agraris, tentu kita sudah sangat mengenal Belut dan Cakar/Kaki Ayam karena sangat mudah ditemukan di sekitar kita terutama di daerah pedesaan yang masih banyak terdapat area persawahan. Bahkan Belut sekarang sudah merambah ke Manca Negara seperti di negara Jepang dan Eropa karena rasa yang khas dan kandungan gizi yang cukup tinggi.
Di bawah ini akan kita bahas kandungan gizi dan kasiat dari Belut dan Cakar Ayam.
BELUT
Belut sawah memiliki nilai Energi yang cukup tinggi, yaitu 303 kkal/100g , yang jauh lebih tinggi dibandingkan telur dan daging sapi. Hal itulah yang menyebabkan belut sangat baik untuk sumber energi. Sedangkan nilai Protein pada belut sebesar 18.4 g/100g setara dengan daging sapi 18.8 g/100g tetapi lebih tinggi dari protein telur 12.8 g/100g. Seperti jenis ikan lainnya, nilai cerna protein pada belut juga sangat tinggi, sehingga cocok untuk sumber protein bagi semua kelompok usia, dari bayi hingga usia lanjut. Protein pada belut juga kaya akan beberapa asam amino yang cukup baik yaitu Leusin, Lisin, Asam Aspartat dan Asam Gutamat, yang kesemuanya itu berguna untuk pertumbuhan anak, menjaga keseimbangan Nitrogen pada orang dewasa, pertumbuhan otot, meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi penumpukan lemak di tubuh, bahkan dari hasil uji laboraturium menunjukkan bahwa Arginin pada belut dapat berfungsi untuk menghambat sel-sel kangker payudara.

Kaya Vitamin dan Mineral.
Belut kaya akan Zat Besi 20 mg/100g, jauh lebih tinggi dibanding dengan zat besi pada telur dan daging 2.8 mg/100g, yang sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit infeksi tubuh.
Belut juga kaya akan Fosfor yang nilainya dua kali lipat dengan nilai fosfor pada telur. Tanpa kehadiran Fosfor, kalsium tidak akan dapat membentuk massa tulang. Fosfor dan kalsium harus berimbang sehingga tulang lebih kokoh dan kuat sehingga terhindar dari osteoporosis.

Selain itu kandungan vitamin A yang mencapai 1.600 SI/100g sangat baik intuk memelihara sel epitel, dan sangat diperlukan untuk pertumbuhan, penglihatan, proses reproduksi (meningkatkan vitalitas). disamping itu kandungan Vitamin B yang tinggi yang umumnya berperan sebagai kofaktor dari suatu Enzim, sehingga enzim dapat berfungsi normal dalam metabolisme tubuh. Vitamin B juga sangat penting bagi otak untuk berfungsi normal, membantu pembentukan protein, hormon dan sel darah merah.
CAKAR/KAKI AYAM

Yogyakarta, cybernews. Cakar ayam mengandung Kolagen yang memiliki Antigen bersifat Imunogenik. Kolagen ini berfungsi untuk mencegah terjadinya keropos tulang ( osteoporosis ). Susunan utama pada cakar ayam adalah asam amino, yakni komponen dasar protein. Cakar ayam juga mengandung zat kapur dan sejumlah mineral. Jenis asam amino prolin dan hidroksipolin serta zat kapur sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak.

3 thoughts on “KASIAT BELUT DAN CAKAR AYAM

  1. Ass….sy tinggal di Bandung. Sy tertarik dengan kripik ceker ayam, krn sy penggemar kripik ceker ayam sewaktu berada di denpasar, bali. Sy juga tertarik utk menjadi agen penjualan di bandung, tp sebelumnya sy harus mencoba (test rasa dan test market). Dodi – 081220099757 (alamat ym/email dodisolihkuswandi@yahoo.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s