IZIN USAHA

Setiap pelaku bisnis memerlukan izin usaha sebagai pengakuan resmi dan alat bukti pengesahan dari pemerintah dan untuk menunjang segala kegiatan usaha baik untuk expansi maupun pengajuan penambahan modal dari Bank dan lain sebagainya.
Di sini penulis memberikan wawasan dan tips dan cara untuk memperoleh izin usaha baik usaha mikro, menengah maupun usaha besar.
Semoga ilmu ini dapat membantu kita dalam memajukan perkonomian masyarakat

SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP)
Untuk menjalankan kegiatan usaha dibidang Perdagangan Barang/Jasa di Indonesia sesuai dengan KLUI “Klasifikasi Lapangan Usaha Indonesia”.diperlukan SIUP. SIUP adalah Izin Usaha yang dikeluarkan Instansi Pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota/Wilayah sesuai domisili perusahaan.
Kategori atau Penggolongan SIUP
Berdasarkan besarnya jumlah Modal dan Kekayaan Bersih di luar tanah dan bangunan atau jumlah modal disetor dalam akta pendirian/perubahan, maka penggolongan SIUP dibedakan menjadi 3 (tiga) yaitu :
• SIUP KECIL, diberikan kepada perusahaan yang memiliki modal dan kekayaan bersih atau modal disetor dalam AKTA PENDIRIAN/PERUBAHAN dengan nilai sampai dengan Rp.200.000.000- (duartus juta rupiah).
• SIUP MENENGAH, diberikan kepada perusahaan yang memiliki modal dan kekayaan bersih atau modal disetor dalam AKTA PENDIRIAN/PERUBAHAN dengan nilai diatas Rp.200.000.000,- (duartus juta rupiah) s/d Rp. 500.000.000,- (limaratus juta rupiah).
• SIUP BESAR, diberikan kepada perusahaan yang memiliki modal dan kekayaan bersih atau modal disetor dalam AKTA PENDIRIAN/PERUBAHAN dengan nilai diatas Rp.500.000.000,- (limaratus juta rupiah).

Prosedur Permohonan
Perusahaan mengambil formulir, mengisi dan mengajukan permohonan SIUP beserta persyaratannya melalui Kantor Dinas Perindustrian & Perdagangan Kota/Wilayah sesuai domisili perusahaan untuk permohonan SIUP Menengah dan SIUP Kecil.
Sedangkan untuk permohonan SIUP-BESAR diajukan melalui Kanwil Perindustrian dan Perdagangan Kota/Propinsi sesuai domisili perusahaan
Persyaratan

• Fotocopy akte pendirian usaha / badan hukum sebanyak 3 lembar
• Fotocopy KTP ( Kartu Tanda Penduduk ) sebanyak 3 lembar
• Fotocopy NPWP sebanyak 3 lembar
• Fotocopy ijin gangguan / HO sebanyak 3 lembar
• Neraca perusahaan sebanyak 3 lembar
• Gambar denah lokasi tempat usaha

2 thoughts on “IZIN USAHA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s